Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Kearifan Budaya Lokal Melalui Ragam Hias

       
Oleh RUSMANI, S.Hum

      Ungkapan "Di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung". Gambar kehidupan sosial masyarakat di negeri kita terpapar jelas dalam ungkapan itu . Budaya kearifan lokal menjadi jati diri bagi kelompok masyarakatnya dan akhirnya menjadi budaya nasional.
      Budaya Melayu Riau cendrung  dalam menyampaikan sesuatu tidak secara langsung . Ini dapat kita lihat pada karya- karya sastranya. Untuk menyampaikan sesuatu  itu selalu menggunakan ungkapan-ungkapan. Ini dipandang bahwasannya penyampaian informasi secara terus terang dianggap tidak santun.  Oleh karena  itu orang Melayu dalam menyatakan sesuatu selalu menggunakan ungkapan, seperti:
               Mangkuk penuh pinggan berisi
               Rumah siap pahat tak berbunyi 
               Melenggang tidak berpapas
               Menyunduk tidak tertumbuk 
               Berarang  tidak patah
               Berotan tidak  putus 
               Tidak ada rumput nan  menyungkat
               Tidak ada tanah nan bertingkah
               Kilaunya  sudah dikemas 
               Tak berundam di balik tanah  merah 
               Tak ada kayat di balik mati
       Pada ragam hias rumah  balai adat masyarakat Melayu Dumai juga menggunakan simbol-simbol terdapat pada ragam hias yang digunakan, seperti selembayung bidai dan sayap layang-layang.  Ketiganya itu berisi pesan, tunjuk ajar kepada kaumnya. Motif ukiran selembayung, bidai, dan sayap layang-layang menggunakan bentuk  KelukPakis, daun-daunan dan bunga. Motif tersebut melambangkan perwujudan tahu adat dan tahu diri berlanjutnya keturunan serta serasi dalam keluarga, seperti pada ungkapan ini:
                Janin berjalin akar Pakis 
                Lapis berlapis kelopak bunga
                Susun bersusun  kuntum jadi 
                Seluk berseluk dahan kayu

                Yang berjalan kasih sayang 
                Yang berlapis  panggilan gelar 
                Yang bersusun gadis pingitan 
                Yang  berseluk sanak saudara 
        Dapat kita cermati lebih mendalam kata simbol dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tersebut mengandung makna yang luas. Sehingga kita berpandangan tidak terlalu sempit dalam memaknai simbol bila kita hubungkan dengan permasalahan lainnya.
       Ragam hias Melayu yang  terdapat pada rumah balai adat merupakan simbol-simbol yang digunakan oleh orang Melayu. Di dalam menyampaikan ide dan  gagasan yang  diekspresikan sedemikian rupa sehingga ragam hias yang didalamnya terdapat ungkapan ungkapan beserta filosofi yang dipakai orang Melayu pada umumnya. Ragam hias yang dibuat tersebut tarinspirasi dari alam sekitar,bentuk-bentuk flora dan fauna maupun bentuk lain.
   Selembayung
      Selembayung disebut juga sulo buyung dan tanduk buang. Selembayung ini  merupakan simbol rumah adat Melayu Riau yang terletak pada bagian yang paling atas. Selembayung  melambangkan kehidupan yang akhirnya kembali kepada Tuhan yang maha kuasa, Tuhan seru sekalian alam.  Selain itu juga mempunyai makna menjunjung martabat dan marwah orang Melayu, seperti tergambar dalam ungkapan ini: 
            Selembayung tajuk bertuah
            Tegak  di ujung perabung melayu
            Menjunjung martabat bersama marwah 
            Adat tegak lembaga tak layu 
            Selembayung tangga Dewa
            Tempat turun Pelangi Budi 
            Tegak selembayung berdiri tuah 
            Disitu daulat Melayu sejati
   Bidai
         Bidai melambangkan kelompok masyarakat yang ada, seperti ungkapan: 
             Bidai satu bidai selapis
             Yang dipakai orang banyak
             Kecilnya tidak bernama 
             Besarnya tidak bergelar

            Kalau bidai bertingkat dua 
            Dua lapis lantai buangnya 
            Dua kaum penghuninya 
            Pertama orang berbangsa 
            Kedua orang patut -patut 
            Orang berasal  dan berusul 
            Orang beradat berlembaga 

        Bidai tiga  adalah bidai tiga tingkat, bangunan ini khusus untuk istana,Balai kerajaan, Balai
adat,atau kediaman Datuk-Datuk dan orang besar kerajan.
   Sayap layang-layang
        Sayap layang-layang juga merupakan kebebasan sesuai dengan namanya. Kebebasan yang tergambar dalam sayal layang-layang adalah kebebasan yang tahu batas dan tahu diri. Selembayung,bidai, dan sayap layang-layang merupakan simbol atau ikon pada rumah Balai adat Melayu.

RUSMANI, S.Hum merupakan guru aktif di SMPN 14 Dumai, aktif dalam kegiatan literasi.